Breaking News
Loading...
Thursday, February 9, 2012

Cara membuat SSH server di windows

8:57 AM

SSH adalah protokol jaringan yang memungkinkan proses pertukaran data antara dua perangkat jaringan, bisa dilewatkan dalam satu jalur yang aman. SSH umumnya digunakan di linux atau os unix lainnya untuk bisa mengakses akun shell di komputer remote.

SSH adalah pengganti telnet dan aplikasi remote shell lainnya. Kelemahan telnet adalah dalam proses pertukaran datanya tidak menggunakan jalur yang aman. Misalnya password dikirim dalam format text biasa, sehingga memungkinkan pihak ketiga untuk mencuri data ditengah-tengan komunikasi itu (melakukan proses intercept). Sedangkan proses pengiriman data melalui ssh, dijamin lebih aman karena data yang dilewatkan ke jaringan sudah dienkripsi, sehingga bisa memberikan jaminan keamanan ataupun jaminan integritas data.


OpenSSH adalah satu set aplikasi komputer yang bisa mendukung sesi komunikasi terenkripsi pada jaringan komputer menggunakan protokol ssh. Awalnya aplikasi ini dikembangkan sebagai aplikasi open source yang menjadi alternatif dari aplikasi serupa yang berbayar. OpenSSH dikembangkan dan merupakan bagian dari proyek OpenBSD.

Dalam perkembangan selanjutnya, OpenSSH tidak hanya memberikan aplikasi remote shell melalui ssh atau remote eksekusi program saja, tapi bisa digunakan untuk tunnelling atau setup vpn antara dua jaringan.

Nah, dari penjelasan diatas sobat tentunya sudah tau apa itu SSH. Pada tutorial saya kali ini, akan menjelaskan "Cara membuat SSH di Server Windows". Berikut langkah-langkahnya :

Instalasi OpenSSH server di windows xp


  • Download OpenSSH nya disini 
  • Setelah sobat download, langsung install program OpenSSH nya
  • Selanjutnya, sobat buka Command Prompt (Start - run - CMD)
  • Ketik : C:\Program Files\OpenSSH\bin Perintah ini  tergantung lokasi sobat menginstall OpenSSH nya.
  • Setelah masuk Directory : C:\Program Files\OpenSSH\bin>
  • Sobat ketikkan perintah : mkgroup -l >> ..\etc\group
  • Selanjutnya ketik perintah untuk memasukkan "Passwd" dengan perintah : mkpasswd -l >> ..\etc\passwd
  • Terakhir, jalankan aplikasi OpenSSH dengan perintah : net start opensshd
Sampai disini OpenSSH sudah selesai dengan Port seperti biasa yaitu 22. Silahkan sobat login menggunakan Putty dengan User dan password windows sobat. Untuk Putty sobat bisa download disini 

Screenshoot :


Catatan :
Setelah SSH selesai terinstall, perintah yang digunakan bukan perintah Linux tetapi tetap pada perintah windows. Sampai disini dulu tutorial yang saya berikan semoga bermanfaat.


7 comments:

  1. gan buat windows 7 bisa nggak

    ReplyDelete
  2. Kang, kenapa saat dimasukkan C:\Program Files\OPenSSH\bin>net start opensshd muncul tulisan "System error 5 has accorred" terus "Access is denied" salah ini dimana ya???
    Terus saat membuka Putty ada banyak pilihan, mana yang harus dipilih??? saya buka yang puttytel, tapi portnya 23 bagaimana ini???
    Terus kata "menggunakan Putty dengan User dan password windows" ini maksudnya bagaimana??? laptop saya gak pake password. tolong dijelasin secara rinci ya (kalau bisa dengan gambar)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba masuk ke cmd sbg system administrator
      kalau pengalaman saya harus pakai password dulu

      Delete
    2. udah coba min masuk sebagai administrator, tapi tetep system error 5 has occurred, access denied

      Delete
  3. Apa bedannya bila kita menggunakan teamviewr gan....kan kita bisa meremote komp yg lainnya gan,..gitu kan ?,..tolong diberi penjelasannya ?

    ReplyDelete
  4. kenapa close setelah login puttynya gan ?

    ReplyDelete

Komentarlah yang baik-baik.Hindarkan SARA,SPAM.Saya sangat senang sekali jika komentar ditujukan untuk membangun blog ini.

 
Toggle Footer