Breaking News
Loading...
Thursday, September 24, 2015

Cara membuat server sendiri dengan PC/Laptop Dirumah

4:59 PM
   Ketemu lagi dengan saya agan yang "Kurang" tamvan satu ini :v .Oh iya,sebelumnya saya meminta maaf apabila blog saya tidak update lagi.Dikarenakan saya sibuk dengan urusan sekolah xD <<Ciee curhat :'v

   Oke cukup basa-basinya,kali ini saya akan meng share cara yang lumayan fenomenal,apa sih? Yap diliat dari judulnya pasti kalian udah tau.Apa lagi kalo bukan buat server dengan PC/Laptop dirumah untuk windows :v .Loh kok bisa? Iya lah bisa,jadi kita udah ga perlu sewa hosting lagi dong xD

Sebelumnya,saya akan menyebutkan apa saja yang harus dipenuhi untuk membuat server dirumah
1.Dedicated Internet Access 24 jam macam,sp****,fast***,dan lainnya

Oke,pertama persiapkan alat-alat berikut:
1.XAMMP https://www.apachefriends.org/download.html
2.Notepad++

Setelah semua bahan siap,maka langkah selanjutnya adalah menginstall XAMMP nya.
Setelah XAMMP terinstall,maka kita perlu masuk ke router modem.

Biasanya,default alamat router adalah 192.168.1.1 jika tidak silahkan lihat di sticker bawah router anda maka anada akan menemukan IP default gateway,Username,Passsword.

Alamat 192.168.1.1 tadi silahkan untuk di tulis pada kolom alamat web browser lalu tekan enter.Lalu masukkan username dan password lalu akan masuk ke halaman berikut:


 Setelah itu klik "Interface Setup" lalu klik "LAN"
maka akan muncul gambar berikut
Lalu atur agar ip yang dimiliki oleh laptop atau pc kita menjadi static.Disini saya menggunakan ip 192.168.1.104

Setelah itu kita lihat dulu PVC berapa yang up untuk akses internet.Klik status terlebih dahulu lalu lihat bagian WAN.
Disini PVC yang saya gunakan adalah PVC 0

Setelah melihat PVC yang up,hapalkan lalu kita masuk ke bagian Advanced Setup lalu pilih NAT.Maka akan muncul tampilan berikut >>


Setelah itu,pilih virtual circuit berdasarkan PVC yang up tadi dimana sebagai port akses internet kita.Karena di saya menggunakan PVC 0 maka saya memilih PVC 0.Setelah itu klik virtual server
Tambahkan port 80 untuk HTTP_server lalu isi Local IP address menjadi ip laptop atau pc kita.Karena ip saya 192.168.1.104 Maka saya memasukkan alamat tersebut untul Local IP Address.

Setelah itu,tambahkan pula port 443 untuk HTTPS untuk Local IP Address sama dengan yang tadi.
Setelah selesai,klik save.

Selanjutnya,kita daftar akun ddns agar web kita up.Jika kita ingin yang gratis maka masuk ke http://www.noip.com lalu daftar disana.

Setelah itu kita akan mendapatkan hostname.Contoh saya memiliki hostname rootdavinalfa.ddns.net.Setelah itu kita kembali ke pengaturan router lalu masuk ke Access Managament lalu DDNS.Untuk service provider pilih http://www.noip.com,untuk My hostname masukkan hostaname yang kita buat tadi dan untuk username dan password,masukkan username dan password untuk login ke akun noip kita tadi.

Setting untuk modem sudah selesai,maka langkah selanjutnya adalah setting XAMPP agar bisa terkoneksi ke luar.
Jalankan XAMMP lalu jalankan service Apache,Mysql setelah itu masuk ke folder C:\xampp\apache\conf\extra lalu edit file httpd-vhosts.conf

Masukkan kode ini kedalam file tersebut
NameVirtualHost *:80
<virtualhost *:80>
    ServerName
    ServerAlias
    ServerAdmin
    DocumentRoot "C:/xampp/htdocs"
    <Directory "C:/xampp/htdocs">
        Options FollowSymLinks Indexes
        AllowOverride All
        Order Allow,Deny
        Allow from all
        DirectoryIndex index.php index.html
   </Directory>
  
   <Directory "C:/xampp2/xampp/cgi-bin">
    AllowOverride None
    Options None
    Order allow,deny
    Allow from all
</Directory>
</VirtualHost>
  Untuk ServerName isikan hostaname yang tadi anda buat.Disini hostname saya adalah rootdavinalfa.ddns.net
   Untuk Server alias masukkan hostname anda yang tadi kemudian spasi lalu tulis www.hostnameanda.ddns.net

ServerAdmin bisa kita isi dengan email kita.

Setelah itu,save file tersebut lalu restart service apache nya.
Saatnya pengujian ^^

Masukkan alamat hostname anda ke address bar browser anda lalu enter,maka anda akan melihat tulisan It's work!! berarti anda sukses.Jika ingin mengganti dengan homepage kita maka masukkan di folder C:/xampp/htdocs

Voilaa,kita telah berhasil membuat server dengan laptop/PC di rumah kita ^^
Jika ada pertanyaan,silahkan komen ya di kolom komentar pos ini ^^ Bantu share juga jika merasa artikel ini bermanfaat
Next
This is the most recent post.
Older Post

4 comments:

Komentarlah yang baik-baik.Hindarkan SARA,SPAM.Saya sangat senang sekali jika komentar ditujukan untuk membangun blog ini.

 
Toggle Footer