Breaking News
Loading...
Sunday, January 12, 2014

Cara decompile dan recompile apk Android

3:51 PM
     Selamat sore semuanya.Mohon maaf saya baru update pos blog ini dikarnakan saya sedang sibuk-sibuknya.Oke cukuplah curhatnya.hehehe :D
Pada kesempatan kali ini,saya akan memberikan cara unutuk decompile dan recompile apk android.

Sebelum masuk ke pembahasan kita pelajari dulu tujuan kita mempelajari ini
1.Memodifikasi apk baik layout,tambahan action bar dan kita bisa mengganti warna dari layout apk nya.
2.Memahami cara kerja apk tersebut.Jika kita advanced dalam hal ini kita bisa memakai source apk tersebut ke aplikasi buatan kita :D
3.Bisa menambahkan fitur-fitur yang tidak ada dalam apk tersebut.Contoh kita ingin membuat tab setting pada Settings.apk
4.Masih banyak lagi dan tidak dapat dihitung jumlahnya :v
 Okeh setelah kita sudah tau apa saja tujuannya,mari kita ke bahan-bahan
Bahan-bahannya adalah:

1.Java SDK plugin jre 7+ download bisa kesini.
 2.Android SDK ( Optional for logcat penjelasan logcat akan ada di pos mendatang) Kesini untuk android sdk.
3.Apk tool 1.5.2 link download
4.Notepad++ cari di google banyak kok :D

Setelah ke empat tadi ( Tiga aja sudah cukup tanpa bahan ke 2 ) Sudah di download pertama yang perlu di install adalah java.Kenapa harus ini? Karena Android memakai Java.

Taualah cara install Java.Caranya cuman tinggal klik next-next aja kok :D

Setelah install java saatnya exract apktool tadi dalam satu folder.Trus bagaimana cara jalaninnya? Caranya adalah dengan menggunakan command prompt.OMG mainan cmd? :o Gampang kok caranya tinggal tekan shift key pada keyboard lalu klik kanan dan pilih open command windows here.Seperti gambar dibawah.
Maka akan keluar command prompt beserta apktool yang sudah dijalankan.Cara menggunakan apktool nya bagaimana? Caranya ketik
apktool if framework-res.apk
Nah sebelum mengetik itu pastikan sudah ada framework-res.apk punya agan dari hp Andro agan.Letak filenya ada pada /system/framework/
 Tanpa frameowrk-res.apk pun bisa saja.Di coba saja.Asal jangan buat untuk decompile system app karena bisa jadi bootloop atau enggak error di system.

Langkah selanjutnya taruh apk yang ingin kita decompile saya disini mencoba decompile game pou.Apk game pou saya rename menjadi pou.apk,dan saya mengetik
aptool d pou.apk
Lalu tekan enter.Maka akan terlihat seperti ini.
 Lalu masuk ke folder pou untuk melakukan modding code,smali,dan lain-lain.
Untuk edit akan saya posting secepatnya.


Jika sudah mengedit pastikan agan sudah benar-benar di cek agar tidak ada kesalahan.Jika sudah yakin maka tinggal ketik
apktool b pou new-pou.apk
Maka hasil apk modding agan akan bernama new-pou.apk.Langkah terkahir tingga melakukan sign.Untuk trik sign akan saya post secepatnya.

Taraaa agan sekarang sudah bisa basic decompile-recompile apk android.Selamattt ^_^



2 comments:

  1. mksih tutornya. mga dipercepat cara sign apk nya XD

    ReplyDelete
  2. mas bro bisakah ane request editin APK ane? ane dah ada file APKnya tinggal di install,,,tp ane pgn rubah beberapa tampilan dan text,,,,klo bisa bls sms d nmr 085741487777

    ReplyDelete

Komentarlah yang baik-baik.Hindarkan SARA,SPAM.Saya sangat senang sekali jika komentar ditujukan untuk membangun blog ini.

 
Toggle Footer